Selasa, 18 Agustus 2020

Cara Pasang Pipa Air dengan Mudah Pakai Lem Pipa Air!

 

Cara Pasang Pipa Air dengan Mudah Pakai Lem Pipa Air! - Memperbaiki pipa dengan memanggil jasa profesional memang sangat mudah, namun Anda membutuhkan banyak biaya untuk hal tersebut. Bagi Anda yang ingin menghemat biaya untuk mengatasi permasalahan pemasangan pipa dapat menggunakan lem pipa air sendiri di rumah.

Cara Pasang Pipa Pakai Lem Pipa Air



Berikut merupakan cara memasang pipa air yang dapat Anda terapkan di rumah.

1. Pemotongan pipa

Sebelum melakukan pemotongan, pastikan untuk memilih ukuran pipa sama dengan saluran air di rumah. Anda dapat melakukan pemotongan menggunakan gergaji khusus yaitu tajam maupun gergaji plastik. Adanya ketajaman gergaji ini dapat mempercepat proses penyelesaian pemotongan.

Biasanya gergaji yang digunakan adalah untuk besi, namun jika berukuran kecil maka akan menyebabkan potongan tidak rapi. Sehingga lebih baik memilih gergaji yang berukuran lebar sehingga lebih mudah digunakan.

2. Amplas

Setelah dipotong, lakukan penghalusan pada pipa bekas gergaji agar lebih halus. Anda dapat melakukan amplas pada bagian dalam dan luar secara merata untuk memperoleh hasil yang maksimal pada bagian pipa.

3. Fitting

Setelah itu Anda dapat mengoleskan semen atau lem dan menyambungkan pipa dengan yang di rumah. Anda dapat melakukan fitting terlebih dahulu dengan menyambungkannya tanpa lem, sehingga dapat memudahkan posisi pada sambungan yang tepat pada pipa tersebut.

4. Lap pipa

Setelah melakukan fitting Anda dapat melakukan lem air pada pipa. Anda dapat melakukan pengelapan permukaan pipa dengan lap kering untuk menghilangkan kotoran. Bagian socket juga harus disertakan dalam proses pembersihan ini. Adapun produk untuk membersihkan dapat dipilih sesuai keinginan, asalkan memberikan rasa aman pada saat digunakan.

5. Pengeleman

Pada tahap terakhir ini Anda dapat melakukan pengolesan lem pada pipa PVC atau semen pada bagian dalam atau luar pipa yang ingin disambungkan. Setelah itu Anda dapat menyambungkan pipa yang telah diberi lem sesuai tanda yang telah diberikan. Anda harus melakukannya dengan cepat agar lem tidak mengering.

Setelah semua pipa tersambung dengan baik, lakukan pengelapan pada bagian terdekat dari sambungan agar tidak keluar. Proses ini harus dilakukan dengan hati-hati agar bertahan dalam jangka waktu lama.

Cara memasang pipa air di atas dapat menjadi cara bagi Anda untuk mengatasi permasalahan pipa air di rumah, bukan? Pastikan untuk memilih lem pipa air rucika untuk memperoleh kualitas lem pipa terbaik. Rucika telah memiliki JIS (Standard Japanese Industrial), sehingga Anda dapat memperoleh pipa dan lem pipa yang pasti berkualitas tinggi di rumah.

Load comments