Rabu, 11 Maret 2020

Tanya Dokter Kandungan 2020 Mengenai Hal-hal yang Harus Dilakukan Selama Trimester Ketiga Kehamilan


Tanya Dokter Kandungan 2020 Mengenai Hal-hal yang Harus Dilakukan Selama Trimester Ketiga Kehamilan - Semakin bertambahnya usia kandungan maka akan ada banyak sekali perubahan yang dirasakan, salah satu diantaranya adalah dari segi ukuran perut yang mana akan bertambah semakin nexsar. 

Bahkan bumil sendiri juga akan mulai kesulitan di dalam bergerak atau menjalankan aktivitas sehari-hari. Kebutuhan nutrisi untuk bayi yang dikandung juga akan mengalami peningkatan. Itulah mengapa harus lebih aktif atau sering-sering tanya dokter kandungan 2020.



Memasuki trimester 3 ini juga masuk pada tahapan yang sangat penting, karena nantinya Anda sudah jelang masa persalinan atau melahirkan. Dimana pastinya akan mulai banyak bermunculan beragam kekhawatiran tersendiri di pikiran Anda terkait dengan masa persalinan tersebut, apalagi jika seandainya ini baru kehamilan pertama. 

Lalu sebenarnya apa sajakah yang harus dilakukan oleh bumil ketika kandungan sudah memasuki trimester pertama? Berikut ini diantaranya yang patut diketahui, yaitu:

  1. Rutin memantau pergerakan janin dalam kandungan, pada saat kehamilan telah memasuki usia 28 minggu memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya buah hati yang ada di dalam kandungan mulai aktif bergerak. Mengecek aktivitas rahim khususnya adalah bayi di dalam kandungan adalah hal yang penting untuk melihat apakah mereka sehat ataukah tidak. Jika seandainya tidak terjadi pergerakan sama sekali justru inilah yang harus diwaspadai dan harus dikonsultasikan dengan dokter.
  2. Lebih sering menjalani check up, paling tidak adalah 2 minggu sekali, ketika kehamilan Ada tersebut telah memasuki trimester 3 maka check up adalah hal yang wajib dilakukan secara rutin. Dilakukan untuk mengontrol bayi yang ada di dalam kandungan dan juga sebagai upaya untuk mencegah terjadinya preeklamsia pada saat melahirkan nantinya, sehingga Anda harus mengikuti arahan dokter dan hendaknya juga memperhatikan pantangan juga anjuran yang harus dilakukan.
  3. Memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi, wanita yang sedang hamil, apalagi hamil tua hendaknya memang harus meningkatkan konsumsi menu makanan tinggi zat besi, bukan tanpa alasan, melainkan hal ini digunakan untuk mencegah terjadinya anemia atau kekurangan sel darah merah. Karena memang semakin tua usia janin tersebut maka nantinya kebutuhan akan sel darah merah juga semakin tinggi. Hal ini juga digunakan untuk mengurangi resiko bayi akan lahir dengan berat badan rendah.
  4. Mulai memilih rumah sakit tempat untuk bersalin, setidaknya sedini mungkin juga sudah harus direncanakan, dimanakah nantinya ingin melahirkan. Apalagi memang pada dasarnya ada banyak sekali diantara rumah sakit yang memberikan fasilitas terbaik untuk persalinan nantinya. Pertimbangkan juga dengan biaya yang harus dikeluarkan. Termasuk diantaranya adalah apakah rumah sakit tersebut memberikan fasilitas seperti menerima pembayaran dengan menggunakan BPJS atau asuransi ataukah tidak, jika Anda pesertanya. Rencanakan juga jika seandainya ingin melahirkan dengan operasi caesar.
  5. Mulai belajar mengenai teknik pernapasan dan juga cara mengejan yang benar jika seandainya nanti harus menghadapi persalinan. Hal ini juga dapat didukung dengan melakukan aktivitas olahraga ringan yang bisa membantu untuk melancarkan persalinan. Apalagi jika seandainya Anda ingin melahirkan secara normal dan kondisi tubuh sehat sehingga memungkinkan hal tersebut.
Coba terapkan langkah-langkah di atas jika seandainya kandungan telah memasuki usia trimester ketiga. Sebaiknya secara aktif konsultasi dengan dokter, bisa tanya dokter kandungan 2020 untuk hal tersebut. Apalagi sekarang ini ada fasilitas konsultasi secara online lewat aplikasi Halodoc.

Load comments