Rabu, 11 Januari 2017

Sejarah Ilmu Gharib Al-Quran (Gharibul Quran/Gharaibul Qur'an)


Ilmu Gharib Al-Quran sejatinya sudah muncul sejak abad ke-2 hijriah. Atha’ bin Abi Rabah seorang tabi’in telah menyusun kitab Gharib Al-Quran [1] . Namanya Imam 'Atha bin Abi rabah Al-Quraysi Al-Makki, wafat pada tahun 114 H merupakan ulama yang tsiqah lagi faqih [2]. Para ulama yang menjadi muridnya antara lain Amru bin Dinar, Az-Zuhri, Qatadah, Malik bin Dinar, Al-A'masy, Al-Auza'i, dan lain-lain. Al-Bukhari meriwayatkan hadits dari Atha dalam kitabnya sebanyak 109 kali [3]. Atha’ bin Abi Rabah merupakan tabi’in dari ulama tabaqat Mekkah yang lebih faham ilmu tafsir sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Taimiyah yang dikutip oleh Imam As-Suyuthi:

“Orang-orang yang paling pandai tentang tafsir ialah tabi'in Mekkah, karena mereka dari sahabat-sahabat / Murid-murid Ibnu Abbas.”

Mereka yang tergolong dalam kelompok ini antara lain: Mujahid, Atha' bin Abi rabah, Ikrimah maula Ibnu Abbas, Sa'id bin Juber dan Thawus [4].

Selain itu pada abad ini juga muncul Aban Ibn Taghlib dengan kitab Al-Gharib Fil Quran. Abu Sa'id Aban ibn Taghlib ibn Rubah al-Kindi yang wafat pada tahun 141 H. Merupakan ulama dari barisan Syi'ah yang membuahkan karya dalam Ilmu Gharib Quran dengan nama Al-Gharib fil Quran [5]. Walaupun ia seorang Syi’i namun ia seorang yang jujur, Adz-Dzahabi berkata,

أَبَانُ بْنُ تَغْلِبَ الْكُوْفِىُّ شِيْعِيٌّ جِلْدٌ ، لَكِنَّهُ صَدُوْقٌ ، فَلَنَا صِدْقُهُ وَعَلَيْهِ بِدْعَتُهُ
Aban bin Taghlib Al-Kufi adalah seorang Syi’ah tulen, tetapi dia adalah seorang yang jujur. Maka, kita ambil kejujurannya, dan biarlah dia yang menanggung bid’ahnya.” [6]

Kemudian juga ada Zaid bin Ali dengan karyanya Tafsir Gharib Al-Quran Al-Majid, Akhbar Zaid bin Ali [7]. Serta juga Abu Fayd Muarrij bin Amr al-Sadusi (w. 195 H.) yang menulis Kitab Gharib Quran, ia merupakan ahli bahasa/nahwu.

Dimensi historis pada abad ke 3 dan ke 4 hijriah. Ayatullah Sayyid Hasan Ash-Shadr dalam artikelnya Kepeloporan Syiah dalam Ilmu Qur’an [8] menyebutkan bahwa Imam Suyuthi mengatakan dalam kitab Awail bahwa orang pertama yang mengarang di bidang Gharibul Qur’an ialah Abu Ubaidah Muammar ibn Al-Mutsanna (w. 209 H). Namun pemakalah belum bisa mengkonfirmasi kevalidan informasi ini berhubung keterbatan untuk merujuk langsung ke kitab Awail tersebut. Namun berdasarkan hasil mencari tahu lebih lanjut, Abu Ubaidah Muammar ibn Al-Mutsanna adalah tokoh yang banyak berjasa dalam ilmu Gharib Hadits dan terlebih di bidang ilmu Nahwu yang juga ada berkiprah dalam gharib Quran.

Pada abad ini juga ada Imam Abu Abdir Rahman Abdullah ibn Yahya ibn al-Mubarak (w. 237 H) menghasilkan kitab dengan nama Gharib al-Quran Wa Tafsiruh.  Ibnu Qutaibah Ad-Dainuri (w. 276) menghasilkan kitab dengan nama Tafsir Gharibul Quran [9]. Dan juga Az-Zajjaj (w. 311) dengan karyanya Ma’ani al-Quran wa I’rabuh. Ia memiliki nama Imam al-Lughawiy Abu Ishaq Ibrahim ibn as-Sariyy az-Zajjaj, ahli bahasa terkemuka ini disebut oleh adz-Dzahabi sebagai “Nahwiyy Zamanih”.

Pada abad ke 4 Hijriah, Abu Bakar As-Sijistani (w. 330) menulis kitab Nuzhat Al-Qulub fi Gahribil Quran. Pada masa ini kemudian kitab hadir dengan sistematika kamus yang lebih mudah dipahami.

Kemudian pada abad ke 5 Hijriah Abu 'Ubaid Al- Harawi Ahmad bin Muhammad (w.401) menyusun kitab Gharibul-Qur'an wal- Hadits. Pada abad ke 6 ada Raghib Al-Asfahani (w. 502) dengan kitabnya Mufradat Fi Gharibil Quran  yang dibuat dalam bentuk kamus [10].

Footnote:
  1. Ali As-Shabuny, Kamus Al-Quran, Shahih,____,2016, hlm. 907
  2. Muhammad bin A. W. al-'Aqil, Manhaj 'Aqidah Imam asy-Syafi'i, Pustaka Imam Syafii, Jakarta, 2002, hlm.26
  3.  https://id.wikipedia.org/wiki/Atha_bin_Abi_Rabah
  4.  Ali As-Shabuny, Kamus ..., hlm. 875
  5.  https://en.wikipedia.org/wiki/Aban_ibn_Taghlib
  6.  Abduh Zulfidar Akaha, Belajar Dari Akhlaq Ustadz Salafi, Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, 2008, hlm. 252
  7.  http://id.wikishia.net/view/Zaid_bin_Ali
  8.  http://www.alhassanain.com/indonesian/articles/....ulumulquran_dan_syiah/001.html
  9.  Hosein Abd-Raof, Schools of Qur'anic Exegesis: Genesis and Development, Routledge, 2013
  10.  Hosein Abd-Raof, Schools of Qur'anic ....
Sumber:

As-Shabuny, Ali. 2016. Kamus Al-Quran. __:Shahih.
Al-'Aqil, Muhammad bin A. W. 2002. Manhaj 'Aqidah Imam asy-Syafi'i. Jakarta: Pustaka Imam Syafii.
Akaha , Abduh Zulfidar. 2008. Belajar Dari Akhlaq Ustadz Salafi. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Raof, Hosein Abd. 2013. Schools of Qur'anic Exegesis: Genesis and Development.____:Routledge.
http://id.wikishia.net/view/Zaid_bin_Ali
http://www.alhassanain.com/indonesian/articles/....ulumulquran_dan_syiah/001.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Atha_bin_Abi_Rabah
https://en.wikipedia.org/wiki/Aban_ibn_Taghlib

Sumber http://www.zulfanafdhilla.com/

Load comments