Rabu, 11 Januari 2017

Cara Menyembunyikan Widget Blog di Tampilan Mobile

Tutorial Blogger,- Blogger adalah sebuah layanan milik google yang disediakan secara khusus kepada pengguna internet untuk membuat sebuah blog secara gratis, blogger memiliki keistimewaan sendiri dibandingkan dengan situs pembuat blog lainnya karena blog yang di buat melalui platform blogger mampu bersaing dengan web-web besar lain di mesin pencarian khususnya Google. Hal tersebut juga tidak lepas dengan pemiliknya yaitu google yang notabene sebagai mesin pencarian sekaligus perusahaan internet terbesar di dunia untuk saat ini. Nah buat anda yang berniat membuat blog gratisan saya sarankan di blogger karena pembuatannya yang mudah sekaligus banyak sekali tutorial yang beredar di internet.

Pada kesempatan kali ini saya juga akan membagikan tutorial mengenai blogger yang saya khususkan bagi pengguna lanjut, karena jika anda masih tahap belajar mungkin tutorial ini masih membingungkan. Tutorialnya adalah menyembunyikan widget di tampilan mobile atau HP, seperti yang sudah saya katakan diatas blogger mempunyai fitur untuk mempermudah penggunanya dalam mengelola blog, salah satunya adalah fitur widget yang ada di menu tata letak. Fitur ini memungkinkan kita untuk memasang fitur tambahan di blog kita yang tempatnya bisa kita sesuaikan.

Baca: Cara menyembunyikan widget tertentu di halaman utama blog

Untuk penambahan widget tidak ada batasnya, namun perlu diperhatikan bahwa terlalu banyak menambahkan widget blog bisa memperberat loading blog, yang akhirnya malah tidak membuat nyaman pengunjung. Seperti halnya di tampilan dekstop, di tampilan mobile atau hanphone juga harus diperhatikan karena terlalu banyak menambah widget di template juga akan mempengaruhi loading blog. Nah jika menambah banyak widget di tampilan dekstop tidak terlalu berpengaruh, namun jika di tampilan mobile mungkin cukup banyak pengaruhnya. Nah untuk itu silahkan sembunyikan widget yang tidak terlalu penting di tampilan mobile, untuk caranya bisa anda ikuti dibawah ini dan tenang saja cara ini hanya menyembunyikan di tampilan mobile saja dan jika dibuka di tampilan dekstop masih ada. Ok langsung saja berikut tutorialnya.

Cara Menyembunyikan Widget di Tampilan Mobile


1. Pertama sebelum melakukan tutorial ini anda harus mengetahui dulu kode html dari widget yang ingin disembunyikan pada tampilan mobile, untuk mengetahuinya cukup mudah yaitu tinggal masuk ke tata letak lalu klik edit pada widget yang ingin disembunyikan dan lihat dibagian kode HTML di bagian URL tersebut, (biasanya ada dibagian akhir).


2. Jika sudah diketahui selanjutnya masuk ke menu template lalu pilih "Edit HTML", kemudian untuk cara cepatnya mencari kode tersebut bisa klik menu "lompat ke widget" lalu pilih kode widget yang sudah dilihat di tata letak.


3. Jika sudah ketemu silahkan klik tanda panah kecil dibagian nomor, maka otomatis akan membuka seluruh kode widget tersebut. Disini biasanya akan terdapat lagi tanda panah setelah anda klik tanda panah pertama, silahkan klik lagi.


4. Nah untuk selanjutnya silahkan tambahkan kode CSS berikut untuk menyembunyikan widget tersebut di tampilan mobile yang sudah saya tandai dengan warna merah.

  <b:widget id='HTML11' locked='false' title='' type='HTML' version='1' visible='true'>
    <b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.isMobileRequest == "false"'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
  <b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
    <h2 class='title'><data:title/></h2>
  </b:if>
  <div class='widget-content'>
    <data:content/>
  </div>
</b:if>
</b:includable>
  </b:widget>

5. Terakhir tinggal simpan template dan coba cek di smartphone anda.

Nah mudah bukan cara menyembunyikan widget di tampilan mobile, dengan begitu blog anda jika dibuka di perangkat mobile tidak akan terlalu berat loadingnya. Demikian artikel tutorial blog yang dapat saya bagikan dan terima kasih.


Sumber https://www.blogespada.net/

Load comments