Minggu, 08 Januari 2017

Apa itu bela negara? Pengertian Bela Negara

Apa itu bela negara? Pengertian Bela Negara - Bagi kita semua negara Indonesia sangatlah penting, sehingga kita perlu menanamkan sebuah sikap bela negara. Namun tahukah kamu apa itu bela negara? Untuk anda yang belum mengetahui pengertian bela negara, maka silahkan anda simak penjelasan tentang Pengertian Bela Negara yang akan kami uraikan dalam artikel ini. Dalam membela negara sangat perlu dilakukan sebab dalam terbentuknya negara mempunyai proses sejarah yang panjang untuk menjadikan setiap warga negara mempunyai hak maupun kewajiban yang terjamin di dalam peraturan perundang-undangan. Tentang Pembelaan negara salah satunya di atur dalam pasal 27 ayat 3 UUD 1945.
 Bagi kita semua negara Indonesia sangatlah penting Apa itu bela negara? Pengertian Bela Negara

Bangsa Indonesia mempunyai kronologi dan arti bela negara yaitu kemerdekaan bukanlah sebuah tujuan akhir dari perjuangan bangsa. Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus tahun 1945 mempunyai arti bahwa rakyat Indonesia tidak bisa dipisahkan dengan perjuangan bangsa. Sikap rakyat Indonesia yang ikut serta dalam mempertahankan dan memperjuangkan keutuhan Indonesia  terhadap berbagai ancaman yang mengancam kedaulatan Indonesia itu di dasari oleh rasa cinta terhadap bangsa dan tanah airnya. Sehingga pengorbanan yang mereka lakukan itu merupakan wujud dari tanggung jawabnya sebagai warga negara bukan karena suatu paksaan.

Itulah yang dimaksud sikap bela negara, sebaagaimana yang dicantumkan dalam Undang-undang nomor 20 Tahun 1982 mengenai Ketentuan-ketentuan Pokok  Pertahanan dan Keamanan Negara. Bela negara adalah sebuah sikap, tekad serta tindakan warga negara yang teratur, terpadu, menyeluruh yang berkelanjutan atas dasar kecintaan terhadap tanah air, sikap kesadaran berbangsa dan bernegara, sikap yakin terhadap kesaktian Pancasila sebagai ideologi negara, sikap rela berkorban demi kedaulatan negara, persatuan dan kesatuan bangsa, keutuhan wilayah, hukum nasional dan nilai-nilai pancasila serta Undang-Undang Dasar tahun 1945.

Demikian uraian yang dapat kami berikan tentang Apa itu Bela Negara, smoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Sumber https://www.temukanpengertian.com/

Load comments