Selasa, 10 Januari 2017

7 Manfaat Pendidikan Karakter Anak Sekolah

 Manfaat Pendidikan Karakter Anak Sekolah 7 Manfaat Pendidikan Karakter Anak Sekolah
pendidikan karakter anak di sekolah

7 Manfaat Pendidikan Karakter Anak Sekolah


Pendidikan tak bisa dipungkiri menjadi salah satu hal yang sangat penting. Melalui pendidikan, seseorang dibentuk untuk disiplin, berpengetahuan, serta mampu menjalankan apa yang sudah menjadi kewajibannya. Pendidikan bahkan tidak mengenal status ekonomi, sosial, etnis, usia, hingga ras. Itulah mengapa pendidikan bisa disebut sebagai pemersatu.

Bicara soal lembaga formal, pendidikan karakter anak sekolah mungkin sudah terdengar familiar di telinga Anda. ya, program yang sedang digalakkan oleh pemerintah ini bertujuan agar generasi muda di Indonesia tak hanya dibekali dengan wawasan umum saja, melainkan juga karakter kuat yang nantinya menjadi dasar bagi mereka untuk mengemban kepemimpinan di Indonesia.

Lalu apa saja manfaat pendidikan karakter dari setiap mata pelajaran yang diajarkan di sekolah? Berikut informasi lengkapnya untuk anda.


1. Pendidikan keterampilan dan profesional


Merupakan ilmu yang diberikan kepada generasi muda. adapun perantaranya lebih mengedepankan praktek dari keterampilan tertentu atau keahlian mereka di suatu bidang. Langkah ini umumnya masih berkaitan dengan kursus, sekolah kejuruan, dan beberapa tingkatan perguruan tinggi yang bergerak pada pendidikan dan keterampilan.

Faktor Pendukung Dan Penghambat Pendidikan Karakter Anak Sekolah


2. Perhotelan, desain, multimedia, psikologi, dan juga hukum.


Jadi pendidikan karakter anak sekolah sebenarnya tidak hanya terbatas pada wawasan seputar sikap teladan dan sejenisnya. Dalam konteks yang lebih detail, cabang ilmu pengetahuan juga turut mengajarkan pendidikan karakter yang selama ini sedang gencar direalisasikan oleh pemerintah.


3. Moral dan etika


Pendidikan karakter anak sekolah menjadi ilmu yang seharusnya wajib dipelajari oleh setiap orang. Disini ada banyak hal yang bisa diaplikasikan seseorang untuk membentuk karakter apik. Sejumlah poin penting yang diajarkan dalam pendidikan karakter meliputi :
  1. Pelatihan mental
  2. Pendidikan keagamaan dan moral
  3. Pendidikan mengenai etika
  4. Outbond dan pelatihan kelompok yang bertujuan menguji kekompakan
Tips Sederhana dalam Mendidik Anak yang Baik

Hebatnya lagi kemajuan akan program ini juga bisa dilihat dari sejumlah perusahaan perkantoran yang memberikan outing kepada karyawannya.


4. Membentuk karakter individu


Pembentukan kepribadian pada diri sendiri ini merupakan segala sesuatu yang melekat pada individu tersebut dan cenderung menetap. Sehingga dengan adanya pendidikan karakter, kecenderungan individu untuk bertingkah laku yang baik dan peduli terhadap sesama akan berhasil dengan sendirinya. Terutama bagi para remaja.


5. Menciptakan generasi bangsa yang berintegritas dan juga lebih baik


Karakter yang kuat akan membuat seseorang teguh dan kokoh dalam hidupnya. Hal ini akan sangat penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena dengan adanya keteguhan ini, maka akan diikuti dengan kualitas individu yang memiliki integritas tinggi.
Dengan berbekal pada karakter ini, generasi bangsa akan menjunjung negaranya dan bisa memegang nilai-nilai teguh yang sudah mendarah daging dalam dirinya.


6. Melatih mental dan moral peserta didik


Selain bertujuan menguatkan karakter seseorang, pendidikan karakter anak sekolah jugaa mampu melatih mental dan juga moral dari para peserta pendidikan karakter. hal ini akan mencegah terjadinya kondisi mental individu yang mungkin sebelumnya kurang percaya diri serta memiliki moral yang buruk.
Hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap kondisi mental dan moral individu.


7. Identitas generasi muda


Khususnya remaja mereka sedang berada di tahap paling labil. Artinya banyak dari mereka yang selama ini masih kebingungan dengan jati diri dan tujuan hidup. Berbekal pendidikan karakter yang sejatinya mampu memberikan pengarahan, maka generasi muda dituntun agar mereka tidak terjerumus dalam penyelewengan atau tindakan kriminalitas yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Keterkaitan Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dengan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Manfaat pendidikan karakter anak sekolah sebenarnya masih banyak. Namun semua akan lebih baik jika realisasinya dapat berjalan dengan lancar.


Artikel Manfaat Pendidikan Karakter Anak Sekolah


Demikianlah yang dapat kami sampaikan tentang Pendidikan Karakter Anak, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Terimakasih telah menbaca sampai selesai artikel yang berjudul 7 Manfaat Pendidikan Karakter Anak Sekolah dengan link


pendidikan karakter anak sekolah dasar, pendidikan karakter anak usia sekolah dasar, pendidikan karakter untuk anak sekolah dasar, pendidikan karakter pada anak sekolah dasar, pentingnya pendidikan karakter bagi anak sekolah dasar, bagaimana pembelajaran pendidikan karakter pada anak sekolah dasar, karakteristik pendidikan anak sekolah dasar, pembelajaran pendidikan karakter pada anak sekolah dasar, peran sekolah dalam pendidikan karakter anak, pendidikan karakter anak di sekolah, karakteristik dan kebutuhan pendidikan anak usia sekolah dasar

Sumber https://www.profesiguru.org/

Load comments